Kesuksesan implementasi Merdeka Belajar sangat bergantung sejauh mana Guru mengembangkan dirinya: menguasai kompetensi-kompetensi dan keterampilan-keterampilan baru, terutama yang berkaitan dengan praktik pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan merupakan dua soft skills yang perlu dikembangkan pada diri Guru agar Guru dapat terus-menerus mengembangkan dirinya.
- Tantangan, Orang dengan pola pikir bertumbuh, mampu menyambut tantangan. bagi mereka tantangan adalah kesempatan, untuk berkembang. Sebaliknya orang dengan pola pikir statis akan selalu menghindari tantangan, karena mereka takut gagal.
- Umpan balik. Orang dengan pola pikir bertumbuh, santai dalam menerima umpan balik. Mereka menikmati umpan balik karena sudah sadar, menarapkan umpan balik sebagai bahan untuk menjadih lebih baik. Orang dengan pola pikir statis menganggap umpan balik sebagai definisi dan tanda batas kemampuan mereka.
- Kegagalan. Orang dengan pola pikir bertumbuh, melihat kegagalan sebagai petunjuk bahwa diaspek tersebutlah dia masih harus belajar. Bagi mereka itu temuan yang menggembirakan. Orang dengan pola pikir statis menganggap gagal sebagai bukti keterbatasan mereka. Orang dengan pola pikir bertumbuh, terlatih untuk gagal sehingga menjadi tangguh.
- Pertama, mampu meregulasi emosi. Pengalaman emosi kita bersifat reaktif. Terjadi sangat cepat dipicu oleh kejadian di sekitar kita. Orang yang tangguh terlatih meregulasi emosi mereka.
- Kedua, mampu mengatasi stress. Orang yang tangguh sigap dan punya banyak teknik mengatasi stress.
- Ketiga, mampu beradaptasi. Orang yang tangguh terlatih untuk menilai sumber stress mereka. Mereka segera tahu apakah situasi bisa ditunggu untuk berubah, apakah orang lain akan berubah, atau saya yang harus berubah.
Jawaban : Tantangan merupakan kesempatan berkembang
Jawaban : Menghindari umpan balik
1. | Bagaimana sikap orang dengan Pola Pikir Bertumbuh terhadap tantangan? | |
A. | Tantangan merupakan kesempatan untuk berkembang | |
B. | Tantangan merupakan hambatan untuk berkembang | |
C. | Tantangan harus dihindari | |
D. | Tantangan sangat menakutkan | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
2. | Mana yang TIDAK mencerminkan praktik harian seseorang yang memiliki Pola PIkir Bertumbuh? | |
A. | Belajar dari pengalaman | |
B. | Mengubah pandangan tentang tantangan | |
C. | Belajar sendiri, orang lain akan menghambat | |
D. | Merangkul tantangan | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
3. | Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif dalam menghadapi tantangan. Mana yang tidak melatih Anda toleran terhadap tantangan? | |
A. | Mencicil dari tantangan yang lebih sederhana, bertahap ke lebih rumit | |
B. | Menetapkan di awal bahwa anda akan mencoba lebih dari sekali | |
C. | Mengucap ke hati berulang-ulang selain mungkin gagal mungkin berhasil | |
D. | Meredakan kecemasan, mulai ketika sudah tidak cemas | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
4. | Hari ini Pak Nurul mengajar menggunakan laboratorium komputer. Ia minta saran dari Guru lain yang sudah sering menggunakan labkom untuk sesi diskusi dan kolaborasi. Praktik Pola Pikir Bertumbuh yang mana yang dicerminkan Pak Nurul? | |
A. | Belajar dari teladan atau mentor | |
B. | Gunakan bahasa pola bertumbuh | |
C. | Belajar dari pengalaman | |
D. | Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
5. | Keyakinan bahwa kita bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut sebagai: | |
A. | Pola Pikir Statis | |
B. | Pola Pikir Bertumbuh | |
C. | Ketangguhan | |
D. | Ketangkasan | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
6. | Bu Ines kedatangan Pak Nurul. Pak Nurul kebingungan harus mengajar di labkom dua minggu lagi. Bu Inez merekomendasikan beberapa aplikasi dan beberapa skenario kegiatan. Ia juga memberitahu Pak Nurul tantangan apa yang akan dialami Pak Nurul, tapi percaya Pak Nurul pasti bisa mengatasinya. | |
A. | Belajar dari teladan atau mentor | |
B. | Gunakan bahasa pola bertumbuh | |
C. | Belajar dari pengalaman | |
D. | Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
7. | Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif ketika gagal. Mana yang tidak melatih Anda toleran terhadap tantangan? | |
A. | Secepatnya minta umpan balik: di aspek apa Anda gagal DAN di aspek apa anda berhasil | |
B. | Mengucap ke hati: oh, ini bukan bidang saya | |
C. | Mengucap ke hati berulang-ulang: Iho, sekarang saya jadi tahu sesuatu yang baru | |
D. | Menetapkan di awal bahwa anda memang akan mencoba lebih dari sekali | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
8. | Bu Liza ingin praktik mengajar dengan metode Project-Based Learninf. . Ia cemas dan ia menulis di kertas. "Saya takut salah. Nanti setiap murid akan ingat". Ia baca berulang-ulang, ia coret semuanya. Ia menulis lagi. "Nanti kalau ada kesalahan, langsung catat, Ya. Dan saya sudah bekerja keras untuk persiapan hari ini." Pola pikir bertumbuh mana yang ditunjukkan Bu Liza? | |
A. | Belajar dari teladan atau mentor | |
B. | Gunakan bahasa pola bertumbuh | |
C. | Belajar dari pengalaman | |
D. | Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain | |
Pembahasan : Jawaban : C CERITA REFLEKSI: Saya adalah seorang guru
produktif tkj dan saya merasa bangga dengan pekerjaan saya. Saya selalu
berusaha memberikan yang terbaik untuk siswa-siswa saya, baik dalam hal
pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Namun, saya juga
menyadari bahwa dunia pendidikan terus berkembang dan berubah seiring dengan
perkembangan zaman. Saya tidak bisa hanya mengandalkan cara-cara lama yang saya
pelajari dulu, tetapi harus terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan dan
tantangan masa kini. Saya harus memiliki pola pikir bertumbuh, yaitu pola pikir
yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha,
belajar, dan umpan balik. Salah satu hal yang
membuat saya tertarik untuk belajar adalah materi pmm Pola Pikir Bertumbuh,
Ketangguhan, dan Implementasi Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh
Kemendikbud. Materi ini membahas tentang bagaimana seorang guru dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pola pikir bertumbuh,
ketangguhan, dan merdeka belajar. Pola pikir bertumbuh
adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat
dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik. Pola pikir ini berbeda
dengan pola pikir statis, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan
potensi diri sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat berubah. Pola pikir
bertumbuh membuat seorang guru lebih termotivasi untuk belajar dan
mengembangkan diri, lebih terbuka untuk menerima kritik dan saran, lebih berani
untuk mencoba hal-hal baru, dan lebih optimis untuk menghadapi kesulitan. Ketangguhan adalah
kemampuan untuk tetap tegar dan bersemangat dalam menghadapi tantangan,
tekanan, atau kegagalan. Ketangguhan membuat seorang guru lebih mampu untuk
mengatasi stres, menyelesaikan masalah, mengambil pelajaran dari kesalahan, dan
bangkit dari kegagalan. Ketangguhan juga membuat seorang guru lebih peduli
dengan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain, lebih bersyukur dengan apa
yang dimiliki, dan lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar. Implementasi merdeka
belajar adalah penerapan konsep merdeka belajar dalam proses pembelajaran di
sekolah. Merdeka belajar adalah konsep yang memberikan kebebasan kepada siswa
untuk menentukan apa yang ingin mereka pelajari, bagaimana mereka ingin
belajar, dan kapan mereka ingin belajar. Implementasi merdeka belajar membuat
seorang guru lebih fleksibel dalam menyusun kurikulum, metode, media, dan
evaluasi pembelajaran. Implementasi merdeka belajar juga membuat seorang guru
lebih fokus pada kebutuhan, minat, bakat, dan gaya belajar siswa. Saya merasa materi pmm
ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru produktif tkj. Saya
mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi dari materi ini. Saya juga mendapatkan
kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain dari
berbagai daerah. Saya merasa materi ini membuka wawasan saya tentang dunia
pendidikan yang terus berkembang. Saya berharap materi pmm
ini dapat saya implementasikan di kelas saya. Saya ingin menjadi seorang guru
yang memiliki pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan implementasi merdeka
belajar. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat memberikan pembelajaran
yang berkualitas, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa-siswa saya. Saya ingin
menjadi seorang guru yang dapat menginspirasi siswa-siswa saya untuk terus
belajar dan berkembang. Saya percaya bahwa
dengan pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan implementasi merdeka belajar,
saya dapat menjadi seorang guru yang lebih baik. Saya juga percaya bahwa dengan
pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan implementasi merdeka belajar,
siswa-siswa saya dapat menjadi generasi yang lebih cerdas, kreatif, dan
mandiri. Cerita Refleksi: Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh Pola pikir bertumbuh adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik. Pola pikir ini berbeda dengan pola pikir statis, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat berubah. Pola pikir bertumbuh membuat seorang guru lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, lebih terbuka untuk menerima kritik dan saran, lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, dan lebih optimis untuk menghadapi kesulitan. Tangguh adalah kemampuan untuk tetap tegar dan bersemangat dalam menghadapi tantangan, tekanan, atau kegagalan. Tangguh membuat seorang guru lebih mampu untuk mengatasi stres, menyelesaikan masalah, mengambil pelajaran dari kesalahan, dan bangkit dari kegagalan. Tangguh juga membuat seorang guru lebih peduli dengan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain, lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar. Karakteristik individu adalah ciri-ciri atau sifat-sifat yang membedakan seseorang dari orang lain. Karakteristik individu dapat bersifat fisik, psikologis, sosial, atau spiritual. Karakteristik individu dapat mempengaruhi perilaku, sikap, prestasi, dan kesejahteraan seseorang. Karakteristik individu dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu karakteristik tetap dan karakteristik berkembang. Karakteristik tetap adalah karakteristik individu yang sulit atau tidak mungkin diubah, seperti jenis kelamin, ras, etnis, usia, atau golongan darah. Karakteristik tetap tidak dapat dijadikan alasan untuk menilai atau membatasi kemampuan seseorang. Karakteristik tetap harus dihargai sebagai bagian dari keberagaman manusia. Karakteristik berkembang adalah karakteristik individu yang dapat diubah atau ditingkatkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik, seperti kecerdasan, kreativitas, kepribadian, motivasi, emosi, atau nilai-nilai. Karakteristik berkembang dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Karakteristik berkembang harus dikembangkan secara optimal sesuai dengan potensi diri. Saya merasa materi pmm ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru smk produktif tkj. Saya mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi dari materi ini. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain dari berbagai daerah. Saya merasa materi ini membuka wawasan saya tentang diri saya sendiri dan orang lain. Saya berharap materi pmm ini dapat saya implementasikan dalam kehidupan saya. Saya ingin menjadi seorang guru yang memiliki pola pikir bertumbuh dan tangguh. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat mengembangkan karakteristik individu yang positif. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat menghargai karakteristik tetap dan mengoptimalkan karakteristik berkembang. Saya percaya bahwa dengan pola pikir bertumbuh dan tangguh, saya dapat menjadi seorang guru yang lebih baik. Saya juga percaya bahwa dengan pola pikir bertumbuh dan tangguh, saya dapat membantu siswa-siswa saya untuk menjadi individu yang lebih baik. Cerita Refleksi: Contoh Praktik Pola PIkir Bertumbuh dan Ketangguhan Pola pikir bertumbuh adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik. Pola pikir ini berbeda dengan pola pikir statis, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat berubah. Pola pikir bertumbuh membuat seorang guru lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, lebih terbuka untuk menerima kritik dan saran, lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, dan lebih optimis untuk menghadapi kesulitan. Ketangguhan adalah kemampuan untuk tetap tegar dan bersemangat dalam menghadapi tantangan, tekanan, atau kegagalan. Ketangguhan membuat seorang guru lebih mampu untuk mengatasi stres, menyelesaikan masalah, mengambil pelajaran dari kesalahan, dan bangkit dari kegagalan. Ketangguhan juga membuat seorang guru lebih peduli dengan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain, lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar. Contoh praktik pola pikir bertumbuh dan ketangguhan adalah sebagai berikut:
Saya merasa materi pmm ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru smk produktif tkj. Saya mendapatkan banyak ilmu dan motivasi dari materi ini. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain dari berbagai daerah. Saya merasa materi ini memberikan saya contoh-contoh praktik yang dapat saya tiru atau adaptasi dalam pembelajaran saya. |
Komentar
Posting Komentar