Langsung ke konten utama

Modul 1 Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan

 Kesuksesan implementasi Merdeka Belajar sangat bergantung sejauh mana Guru mengembangkan dirinya: menguasai kompetensi-kompetensi dan keterampilan-keterampilan baru, terutama yang berkaitan dengan praktik pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan merupakan dua soft skills yang perlu dikembangkan pada diri Guru agar Guru dapat terus-menerus mengembangkan dirinya.


Rancangan meerdeka belajar, merupakan panggilan untuk transformasi pendidikan Indonesia. Kita harus mampu membekali anak-anak kita dengan kopatensi yang sesuai dengan zaman mereka nanti. Cita-cita mereka belajar ini besar sekali, sehingga untuk mencapanya, kita semua harus serentak bertransformasi.

Guru dengan pola pikir pertumbuh akan lebih terbuka terhadap perubahan dan tantangan. Mereka tidak takut untuk mencoba pendekatan dan metode pembelajaran baru. Belajar aplikasi baru mengikuti proses evaluasi kinerja dan lain-lain. Mereka tidak takut gagal dan melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk belajar lebih banyak dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka.
PMM
Konsep pola pikir pertumbuh dirumuskan, diteliti, dan dipopulerkan oleh Carol Twick, seorang psikolog dan peneliti pendidikan dan karir dari Stanford University. Penelitiannya meliputi anak usia sekolah dasar hingga pemimpin. Data penelitiannya mengukuhkan bahwa bakat dan kecerdasantidak bisa memprediksi kesuksesan seseorang.

Twick menemukan bahwa ada orang yang yakin tidak bisa berubah dan ada orang yang yakin bisa berubah. Mereka yang yakin bahwa mereka bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut seorang dengan pola pikir bertumbuh. Sebaliknya mereka yang yakin bahwa mereka tidak bisa berubah dan menganggap bahwa kecerdasan dan bakat sifatnya permanen disebut sebagai orang dengan pola pikir statis atau fix mindset.

Kata kuncinya di sini adalah keyakinan. Keyakinan artinya menerima semua itu benar walaupun belum terjadi. Dalam konteks pola pikir bertumbuh. Merasa yakin bahwa kita bisa akan membantu kita mengatasi ketakutan terhadap hal baru. Kita tetap yakin walaupun diawal kita gagal berkali-kali sampai akhirnya mencapai keberhasilan.

Fred Luthans. Seorang psikolog, bidang industri dan organisasi. Luthans menyimpulkan bahwa resiliensi merupakan salah satu soft skillyang menentukan kesuksesan karir seseorang. Ketangguhan adalah kemampuan seseorang untuk bangkit, yaitu menghadapi, mengatasi dan pulih dari kondisi terpuruk. Yang dimaksud dengan kondisi terpuruk adalah kesalahan kecil, kegagalan besar, atau bahkan musibah.

Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh
Konsep kunci dari Carol Twick ini adalah pada pola pikir. Orang orang dengan pola pikir bertumbuh selalu menanggapi lingkungan dengan keyakinan dan ucapan. Saya bisa semakin seorang mengucapkan ini, dalam hati, menjadi pemicu untuk learning mood, atau mood siap belajar, yang terdiri dari siap bertanya, siap observasi, siap terkejut, siap ditolak, siap konsentrasi dan lain-lain.

Jadi pemicu learning mood sederhana sekali, yaitu ucapan, saya bisa atau ucapan sejenisnya. Selain itu terjadilah peristiwa berantai diotak kita, yaitu otak bersikap untuk belajar. Jadi memumpuk pola pikir bertumbuh adalah dengan rajin memicu learning mood diri sendiri.

Orang dengan pola pikir bertumbuh dapat lihat dari reaksi dan sikapnya terdapat pilihan tantangan, umpan balik dan kegagalan 
  1. Tantangan, Orang dengan pola pikir bertumbuh, mampu menyambut tantangan. bagi mereka tantangan adalah kesempatan, untuk berkembang. Sebaliknya orang dengan pola pikir statis akan selalu menghindari tantangan, karena mereka takut gagal.
  2. Umpan balik. Orang dengan pola pikir bertumbuh, santai dalam menerima umpan balik. Mereka menikmati umpan balik karena sudah sadar, menarapkan umpan balik sebagai bahan untuk menjadih lebih baik. Orang dengan pola pikir statis menganggap umpan balik sebagai definisi dan tanda batas kemampuan mereka. 
  3. Kegagalan. Orang dengan pola pikir bertumbuh, melihat kegagalan sebagai petunjuk bahwa diaspek tersebutlah dia masih harus belajar. Bagi mereka itu temuan yang menggembirakan. Orang dengan pola pikir statis menganggap gagal sebagai bukti keterbatasan mereka. Orang dengan pola pikir bertumbuh, terlatih untuk gagal sehingga menjadi tangguh.

Menurut Fred Luthans penggagas dan pakar ketangguhan, ada beberapa karateristik individu yang tangguh yaitu.
  1. Pertama, mampu meregulasi emosi. Pengalaman emosi kita bersifat reaktif. Terjadi sangat cepat dipicu oleh kejadian di sekitar kita. Orang yang tangguh terlatih meregulasi emosi mereka.
  2. Kedua, mampu mengatasi stress. Orang yang tangguh sigap dan punya banyak teknik mengatasi stress.
  3. Ketiga, mampu beradaptasi. Orang yang tangguh terlatih untuk menilai sumber stress mereka. Mereka segera tahu apakah situasi bisa ditunggu untuk berubah, apakah orang lain akan berubah, atau saya yang harus berubah.

Orang yang tangguh sangat mudah menerima bahwa ialah yang sebetulnya harus berubah. Orang yang sangat tangguh bahkan dengan hati saja untuk berubah. Jadi, belajar tentang pola pikir pertumbuh dan ketangguhan akan memberikan inside baru terhadap proses mencapai sukses.

Latihan Pemahaman
A. Pola Pikir Bertumbuh, Ketangguhan, dan Implementasi Merdeka Belajar
Keyakinan bahwa kita bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut sebagai soft skill:
Jawaban : B. Pola Pikir Bertumbuh
B. Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh
Bagaimana sikap orang dengan Pola Pikir Bertumbuh terhadap tantangan?

Jawaban : Tantangan merupakan kesempatan berkembang

C. Contoh Praktik Pola PIkir Bertumbuh dan Ketangguhan
Mana yang tidak mencerminkan praktik harian seseorang yang memiliki Pola PIkir Bertumbuh?

Jawaban : Menghindari umpan balik

2. Post test
1.Bagaimana sikap orang dengan Pola Pikir Bertumbuh terhadap tantangan?
A.Tantangan merupakan kesempatan untuk berkembang
B.Tantangan merupakan hambatan untuk berkembang
C.Tantangan harus dihindari
D.Tantangan sangat menakutkan
Pembahasan :
Jawaban : A
2.Mana yang TIDAK mencerminkan praktik harian seseorang yang memiliki Pola PIkir Bertumbuh?
A.Belajar dari pengalaman
B.Mengubah pandangan tentang tantangan
C.Belajar sendiri, orang lain akan menghambat
D.Merangkul tantangan
Pembahasan :
Jawaban : C
3.Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif dalam menghadapi tantangan. Mana yang tidak melatih Anda toleran terhadap tantangan?
A.Mencicil dari tantangan yang lebih sederhana, bertahap ke lebih rumit
B.Menetapkan di awal bahwa anda akan mencoba lebih dari sekali
C.Mengucap ke hati berulang-ulang selain mungkin gagal mungkin berhasil
D.Meredakan kecemasan, mulai ketika sudah tidak cemas
Pembahasan :
Jawaban : D
4.Hari ini Pak Nurul mengajar menggunakan laboratorium komputer. Ia minta saran dari Guru lain yang sudah sering menggunakan labkom untuk sesi diskusi dan kolaborasi. Praktik Pola Pikir Bertumbuh yang mana yang dicerminkan Pak Nurul?
A.Belajar dari teladan atau mentor
B.Gunakan bahasa pola bertumbuh
C.Belajar dari pengalaman
D.Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain
Pembahasan :
Jawaban : A
5.Keyakinan bahwa kita bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut sebagai:
A.Pola Pikir Statis
B.Pola Pikir Bertumbuh
C.Ketangguhan
D.Ketangkasan
Pembahasan :
Jawaban : B
6.Bu Ines kedatangan Pak Nurul. Pak Nurul kebingungan harus mengajar di labkom dua minggu lagi. Bu Inez merekomendasikan beberapa aplikasi dan beberapa skenario kegiatan. Ia juga memberitahu Pak Nurul tantangan apa yang akan dialami Pak Nurul, tapi percaya Pak Nurul pasti bisa mengatasinya.
A.Belajar dari teladan atau mentor
B.Gunakan bahasa pola bertumbuh
C.Belajar dari pengalaman
D.Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain
Pembahasan :
Jawaban : B
7.Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif ketika gagal. Mana yang tidak melatih Anda toleran terhadap tantangan?
A.Secepatnya minta umpan balik: di aspek apa Anda gagal DAN di aspek apa anda berhasil
B.Mengucap ke hati: oh, ini bukan bidang saya
C.Mengucap ke hati berulang-ulang: Iho, sekarang saya jadi tahu sesuatu yang baru
D.Menetapkan di awal bahwa anda memang akan mencoba lebih dari sekali
Pembahasan :
Jawaban : B
8.Bu Liza ingin praktik mengajar dengan metode Project-Based Learninf. . Ia cemas dan ia menulis di kertas. "Saya takut salah. Nanti setiap murid akan ingat". Ia baca berulang-ulang, ia coret semuanya. Ia menulis lagi. "Nanti kalau ada kesalahan, langsung catat, Ya. Dan saya sudah bekerja keras untuk persiapan hari ini." Pola pikir bertumbuh mana yang ditunjukkan Bu Liza?
A.Belajar dari teladan atau mentor
B.Gunakan bahasa pola bertumbuh
C.Belajar dari pengalaman
D.Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain
Pembahasan :
Jawaban : C

CERITA REFLEKSI: 

Pola Pikir Bertumbuh, Ketangguhan, dan Implementasi Merdeka Belajar

Saya adalah seorang guru produktif tkj dan saya merasa bangga dengan pekerjaan saya. Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk siswa-siswa saya, baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.

Namun, saya juga menyadari bahwa dunia pendidikan terus berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Saya tidak bisa hanya mengandalkan cara-cara lama yang saya pelajari dulu, tetapi harus terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan dan tantangan masa kini. Saya harus memiliki pola pikir bertumbuh, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik.

Salah satu hal yang membuat saya tertarik untuk belajar adalah materi pmm Pola Pikir Bertumbuh, Ketangguhan, dan Implementasi Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Materi ini membahas tentang bagaimana seorang guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan merdeka belajar.

Pola pikir bertumbuh adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik. Pola pikir ini berbeda dengan pola pikir statis, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat berubah. Pola pikir bertumbuh membuat seorang guru lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, lebih terbuka untuk menerima kritik dan saran, lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, dan lebih optimis untuk menghadapi kesulitan.

Ketangguhan adalah kemampuan untuk tetap tegar dan bersemangat dalam menghadapi tantangan, tekanan, atau kegagalan. Ketangguhan membuat seorang guru lebih mampu untuk mengatasi stres, menyelesaikan masalah, mengambil pelajaran dari kesalahan, dan bangkit dari kegagalan. Ketangguhan juga membuat seorang guru lebih peduli dengan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain, lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Implementasi merdeka belajar adalah penerapan konsep merdeka belajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Merdeka belajar adalah konsep yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk menentukan apa yang ingin mereka pelajari, bagaimana mereka ingin belajar, dan kapan mereka ingin belajar. Implementasi merdeka belajar membuat seorang guru lebih fleksibel dalam menyusun kurikulum, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Implementasi merdeka belajar juga membuat seorang guru lebih fokus pada kebutuhan, minat, bakat, dan gaya belajar siswa.

Saya merasa materi pmm ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru produktif tkj. Saya mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi dari materi ini. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain dari berbagai daerah. Saya merasa materi ini membuka wawasan saya tentang dunia pendidikan yang terus berkembang.

Saya berharap materi pmm ini dapat saya implementasikan di kelas saya. Saya ingin menjadi seorang guru yang memiliki pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan implementasi merdeka belajar. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa-siswa saya. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat menginspirasi siswa-siswa saya untuk terus belajar dan berkembang.

Saya percaya bahwa dengan pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan implementasi merdeka belajar, saya dapat menjadi seorang guru yang lebih baik. Saya juga percaya bahwa dengan pola pikir bertumbuh, ketangguhan, dan implementasi merdeka belajar, siswa-siswa saya dapat menjadi generasi yang lebih cerdas, kreatif, dan mandiri.


Cerita Refleksi: 

Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh

Pola pikir bertumbuh adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik. Pola pikir ini berbeda dengan pola pikir statis, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat berubah. Pola pikir bertumbuh membuat seorang guru lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, lebih terbuka untuk menerima kritik dan saran, lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, dan lebih optimis untuk menghadapi kesulitan.

Tangguh adalah kemampuan untuk tetap tegar dan bersemangat dalam menghadapi tantangan, tekanan, atau kegagalan. Tangguh membuat seorang guru lebih mampu untuk mengatasi stres, menyelesaikan masalah, mengambil pelajaran dari kesalahan, dan bangkit dari kegagalan. Tangguh juga membuat seorang guru lebih peduli dengan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain, lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Karakteristik individu adalah ciri-ciri atau sifat-sifat yang membedakan seseorang dari orang lain. Karakteristik individu dapat bersifat fisik, psikologis, sosial, atau spiritual. Karakteristik individu dapat mempengaruhi perilaku, sikap, prestasi, dan kesejahteraan seseorang. Karakteristik individu dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu karakteristik tetap dan karakteristik berkembang.

Karakteristik tetap adalah karakteristik individu yang sulit atau tidak mungkin diubah, seperti jenis kelamin, ras, etnis, usia, atau golongan darah. Karakteristik tetap tidak dapat dijadikan alasan untuk menilai atau membatasi kemampuan seseorang. Karakteristik tetap harus dihargai sebagai bagian dari keberagaman manusia.

Karakteristik berkembang adalah karakteristik individu yang dapat diubah atau ditingkatkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik, seperti kecerdasan, kreativitas, kepribadian, motivasi, emosi, atau nilai-nilai. Karakteristik berkembang dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Karakteristik berkembang harus dikembangkan secara optimal sesuai dengan potensi diri.

Saya merasa materi pmm ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru smk produktif tkj. Saya mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi dari materi ini. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain dari berbagai daerah. Saya merasa materi ini membuka wawasan saya tentang diri saya sendiri dan orang lain.

Saya berharap materi pmm ini dapat saya implementasikan dalam kehidupan saya. Saya ingin menjadi seorang guru yang memiliki pola pikir bertumbuh dan tangguh. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat mengembangkan karakteristik individu yang positif. Saya ingin menjadi seorang guru yang dapat menghargai karakteristik tetap dan mengoptimalkan karakteristik berkembang.

Saya percaya bahwa dengan pola pikir bertumbuh dan tangguh, saya dapat menjadi seorang guru yang lebih baik. Saya juga percaya bahwa dengan pola pikir bertumbuh dan tangguh, saya dapat membantu siswa-siswa saya untuk menjadi individu yang lebih baik.


Cerita Refleksi: 

Contoh Praktik Pola PIkir Bertumbuh dan Ketangguhan


Pola pikir bertumbuh adalah pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri dapat dikembangkan melalui usaha, belajar, dan umpan balik. Pola pikir ini berbeda dengan pola pikir statis, yaitu pola pikir yang percaya bahwa kemampuan dan potensi diri sudah ditentukan sejak lahir dan tidak dapat berubah. Pola pikir bertumbuh membuat seorang guru lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, lebih terbuka untuk menerima kritik dan saran, lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, dan lebih optimis untuk menghadapi kesulitan.


Ketangguhan adalah kemampuan untuk tetap tegar dan bersemangat dalam menghadapi tantangan, tekanan, atau kegagalan. Ketangguhan membuat seorang guru lebih mampu untuk mengatasi stres, menyelesaikan masalah, mengambil pelajaran dari kesalahan, dan bangkit dari kegagalan. Ketangguhan juga membuat seorang guru lebih peduli dengan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain, lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar.


Contoh praktik pola pikir bertumbuh dan ketangguhan adalah sebagai berikut:


  • Saya selalu mencari sumber belajar yang relevan dan terbaru untuk memperkaya materi pembelajaran saya. Saya tidak hanya menggunakan buku teks atau modul yang sudah ada, tetapi juga mencari referensi dari internet, media sosial, webinar, podcast, atau sumber lainnya. Saya juga sering mengikuti pelatihan atau workshop yang berkaitan dengan bidang keahlian saya.
  • Saya selalu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa-siswa saya. Saya tidak hanya memuji atau mengkritik hasil kerja mereka, tetapi juga memberikan saran atau masukan untuk perbaikan. Saya juga mendorong siswa-siswa saya untuk memberikan umpan balik kepada saya atau teman-teman mereka. Saya menjadikan umpan balik sebagai alat untuk belajar dan berkembang.
  • - Saya selalu mencoba metode atau media pembelajaran yang baru dan menarik untuk siswa-siswa saya. Saya tidak hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah atau tanya jawab, tetapi juga menggunakan metode aktif seperti diskusi kelompok, simulasi, proyek, atau game. Saya juga menggunakan media pembelajaran yang variatif seperti slide presentasi, video, audio, gambar, grafik, atau animasi.
  • Saya selalu menghadapi tantangan atau hambatan yang ada dengan positif dan solutif. Saya tidak mudah menyerah atau putus asa ketika mengalami kesulitan atau kegagalan, tetapi berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Saya juga tidak takut untuk meminta bantuan atau dukungan dari orang lain, seperti rekan kerja, kepala sekolah, atau keluarga. Saya menjadikan tantangan atau hambatan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh.


Saya merasa materi pmm ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru smk produktif tkj. Saya mendapatkan banyak ilmu dan motivasi dari materi ini. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru-guru lain dari berbagai daerah. Saya merasa materi ini memberikan saya contoh-contoh praktik yang dapat saya tiru atau adaptasi dalam pembelajaran saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Blog di Blogspot

Ada banyak layanan yang bisa digunakan untuk membuat blog, salah satunya adalah  Blogspot  dari Google.  Cara membuat blog  di Blogspot pun sangat mudah. 1. Pertama, akses https://www.blogger.com/ 2. Lalu masuk ke Blogger dengan menggunakan akun Google pengguna 3. Di sebelah kiri situs, klik tanda panah ke bawah 4. Klik New blog 5. Masukkan nama untuk blog pengguna sesuai yang diinginkan 6. Klik Next 7. Pilih alamat atau URL blog sesuai yang pengguna inginkan 8. Klik Save Blog pengguna secara otomatis akan dibuat. Pengguna dapat mengelola blog sendiri atau menentukan siapa saja yang dapat mengedit dan membaca blog pengguna. Pengguna juga dapat memilih bagaimana blog pengguna terlihat. Ilustrasi bloger. [Shutterstock] Pengguna dapat menambahkan halaman ke blog yang berisi About atau Contact. Halaman dapat muncul di blog pengguna sebagai tab di bagian atas atau tautan di samping. Dalam menulis blog di Blogspot, pengguna pun dapat mengedit, menghapus, dan mengelola tulisan. Dalam satu ung

Kumpulan Materi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi merupakan nama baru dari Teknik Komputer dan Jaringan, informasinya ini diterapkan pada Sekolah Penggerak. Berikut ini adalah Kumpulan Materi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi atau (TJKT). Kumpulan Materi Dasar TJKT Daftar Isi : Mengenal Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Tujuan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Kumpulan Materi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi ATP Dasar TJKT Kelas 10  Kisi - Kisi PAS Dasar TJKT Baik kita akan membahas materi sesuai dengan urutan yang sudah ada pada Daftar Isi. Mengenal Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Teknik Telekomunikasi. Mata Pelajaran ini juga berguna untuk memberikan fundamental, atau dasar yang kuat untuk Siswa atau Siswi kelas 10. Supaya ketika naik kelas ke kel