1
MODUL AJAR
1
DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN
KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
1.
Identitas Modul
a.
Nama Penyusun : Agus Setyo Widodo, S.Kom
b.
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Kademangan
c.
Kelas : X
d.
Alokasi Waktu : 36 x 45 Menit
e.
Jumlah Pertemuan : 3 pertemuan
f.
Kata Kunci : Proses
bisnis di bidang teknik jaringan
komputer dan telekomunikasi
g.
Kode Perangkat :
h.
Jumlah Peserta Didik : 36
i.
Moda : Blended (Daring/Tatap Muka)
2.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak
Mulia, Mandiri, Bernalar
Kritis, dan Kreatif
3.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami
proses bisnis pada bidang teknik komputer dan telekomunikasi, meliputi perencanaan, analisis kebutuhan pelanggan,
strategi implementasi (instalasi dan konfigurasi), dan perancangan prosedur kepuasan
pelanggan termasuk di dalamnya penerapan budaya mutu.
4.
Sarana Prasarana
LMS
Skaneka, Blog Setyo’19, Buku Paket, Modul, PC/Laptop, Infokus,
Internet dan Lainnya
5.
Karakteristik Peserta Didik
Peserta didik reguler/tipikal (tanpa ketunaan dan kesulitan belajar
atau berpencapaian tinggi)
6.
Materi Ajar
a. Pengertian
& Proses Bisnis pada bidang teknik komputer
dan telekomunikasi
b. Perencanaan
dan Analisis kebutuhan
pelanggan
c. Strategi implementasi (instalasi
dan konfigurasi) kepuasan pelanggan
d. Penerapan budaya mutu
7.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan Awal ( 20 Menit)
1.
Memberi salam.
2.
Guru meminta
peserta didik memimpindoa
3.
Guru mengabsen,memeriksakerapianberpakaian,kebersihan kelas.
4.
Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
5.
Peserta didik bersama dengan guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan
dalam pembelajaran
6.
Kegiatan dimulai dengan melakukan
pemetaan kebutuhan belajar berdasar gaya/ profil belajar peserta didik dengan
mengakses https://forms.gle/tRELQJhggnseb8cGA (Untuk bantuan mengetahui gaya belajar bisa akses https://akupintar.id/tes-gaya-belajar/)
7.
Melakukan Pre Test untuk melakukan
pemetaan kesiapan belajar melalui LMS www.Sipskaneka.id
8.
Guru memberikan pertanyaan pemantik :
a.
Apa yang kalian ketahui tentang bisnis ?
b. Jenis-jenis bisnis apa saja yang berhubungan dengan bidang TJKT ?
9.
Guru memberi motivasi kepada peserta didik
Kegiatan Inti (505 Menit)
1.
Peserta didik disajikan
tayangan foto/video (link: https://www.youtube.com/watch?v=p0Tq--zSts4)
tentang proses bisnis di bidang TJKT
dan diberi kesempatan untuk menanggapi dengan
cara mengidentifikasi sebanyak mungkin
2.
Peserta didik dikelompok/break
room sesuai kebutuhan belajar masing-masing (auditori, visual, kinestetik)
3.
Dengan metode tanya jawab guru mengajak diskusi kelas mengenai:
a. Menurut pendapatmu apa yang dimaksud dengan bisnis?
b. Coba sebutkan contoh bisnis dalam kehidupanmu?
c. Jenis-jenis bisnis apa saja yang berhubungan dengan bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi ?
d. Menurut pendapat dan analisis sederhanamu, bisnis apa yang sedang viral saat ini !
4.
Sebelum melanjutkan pekerjaan
kelompok (baru), murid diminta melakukan kegiatan teknis STOP:
•
Murid diminta berhenti sejenak
•
Menarik napas dalam-dalam dan
melepaskannya perlahan-lahan. Pengulangan 3 kali
•
Murid diminta merefleksikan apa
yang dirasakan pada tubuh, pikiran, perasaan setelah melakukan kegiatan bernafas
dengan kesadaran penuh
•
Murid diminta melanjutkan kembali
kegiatan selanjutnya
Kegiatan ini
bertujuan untuk mendapatkan kesadaran diri dan mengenal emosi diri (PSE 1)
5.
Peserta didik secara
berkelompok merumuskan jenis-jenis bisnis yang
berhubungan dengan bidang Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi
6.
Bagi peserta didik yang belum
memahami materi guru membimbing dengan intens untuk mempelajari materi satu
persatu atau memberikan catatan kecil, guru meminta bantuan teman sebaya / peer
tutor untuk mendampingi atau meminta peserta didik bergabung dalam kelompok
belajar dilingkungan terdekat.
(scaffolding)
7.
Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil
diskusi dalam bentuk produk poster/infografik/mind map/blog/ppt/video/dll (DP
produk)
8.
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal Latihan.
Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.
Guru
melakukan pembelajaran sosial emosional dengan teknik: Membuat Jurnal diri:
•
Meminta
murid menyiapkan sebuah buku (buku jurnal)
•
Meminta
murid menuliskan apa yang ada dipikiran dan apa yang ada di dalam perasaan
mereka setelah melakukan berbagai kegiatan belajar (apa yang menarik, apa hal
baru yang dilihat, apa yang berubah dalam perasaan dan pikiran, apa yang ingin
dipelajari lebih lanjut)
Tujuan agar murid belajar mengelola emosi dan belajar fokus.
2.
Peserta didik dapat menanyakan
hal yang tidak dipahami pada guru
3.
Peserta didik mengomunikasikan kendala yang dihadapi selama mengerjakan
4.
Peserta didik menerima apresiasi
dan motivasi dari guru.
8.
Asesmen : Diagnostik
Non Kognitif dan Diagnostik Kognitif
(Terlampir)
9.
Refleksi Guru
a. Apakah ada kendala pada kegiatan
pembelajaran?
b. Apakah semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran?
c. Apa saja kesulitan
siswa yang dapat diidentifikasi pada kegiatan pembelajaran?
d. Apakah siswa yang memiliki kesulitan
ketika berkegiatan dapat teratasi dengan baik?
e. Apa level pencapaian rata-rata siswa dalam kegiatan pembelajaran ini?
f.
Apakah seluruh siswa dapat dianggap tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
g. Apa strategi agar seluruh siswa dapat menuntaskan kompetensi?
10.
Refleksi Siswa
a. Apa yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
b. Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
c. Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran
ini?
d. Jika diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan
pada usaha yang telah dilakukan?
11.
Daftar Pustaka
a.
KementrianPendidikandan Kebudayaan.2021.Dasar-dasarTeknik Jaringan
Komputer dan Telekomunikasi SMK Kelas
X. Jakarta:Kemendikbud
b. Internet :
v https://www.awonapa.com/2021/07/kumpulan-materi-dasar-tjkt.html
v https://www.awonapa.com/2021/07/dasar-tjkt-proses-bisnis-teknik.html
v https://www.awonapa.com/2021/07/dasar-tjkt-perencanaan-bisnis-teknik.html
v https://www.awonapa.com/2021/07/dasar-tjkt-analisa-kebutuhan-pelanggan.html
v https://www.awonapa.com/2021/08/dasar-tjkt-strategi-implementasi-bisnis.html
v https://www.awonapa.com/2021/08/dasar-tjkt-prosedur-kepuasan-pelanggan.html
12.
Lembar Kerja Peserta Didik
Kegiatan 1 :
a) Petunjuk Kerja :
-
Buat kelompok
yang terdiri dari 3-4 orang
- Siapkan software untuk presentasi
b) Soal : Carilah jenis-jenis bisnis yang berhubungan dengan
bidang Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi, kemudian dipresentasikan
c)
Rubrik Penilaian
Presentasi Kelompok NamaKelompok :
Waktu Presentasi :
Materi :
Anggota :
No |
Kriteria Penilaian |
Kurang ( 20-39) |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat Baik
80-100 |
1 |
Penguasaaan Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
Kegiatan 2 :
a) Petunjuk Kerja :
-
Buat kelompok
yang terdiri dari 3-4 orang
-
Siapkan software untuk presentasi
b) Soal : Buatlah rencana dan analisis
kebutuhan pelanggan, kemudian
dipresentasikan
c)
Rubrik Penilaian
Presentasi Kelompok NamaKelompok :
Waktu Presentasi :
Materi :
Anggota :
No |
Kriteria Penilaian |
Kurang ( 20-39) |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat Baik
80-100 |
1 |
Penguasaaan Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
Kegiatan 3 :
a. Petunjuk Kerja :
- Buat kelompok yang terdiri dari 3-4
orang
-
Siapkan software untuk presentasi
b. Soal : Carilah Strategi implementasi (instalasi dan konfigurasi), kemudian dipresentasikan
c.
Rubrik Penilaian
Presentasi Kelompok NamaKelompok :
Waktu Presentasi :
Materi :
Anggota :
No |
Kriteria Penilaian |
Kurang ( 20-39) |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat Baik
80-100 |
1 |
Penguasaaan Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
Kegiatan 4 :
a. Petunjuk Kerja :
-
Buat kelompok
yang terdiri dari 3-4 orang
- Siapkan software untuk presentasi
b. Soal : Buatlah penerapan
budaya mutu, kemudian
dipresentasikan
c.
Rubrik Penilaian
Presentasi Kelompok NamaKelompok :
Waktu Presentasi :
Materi :
Anggota :
No |
Kriteria Penilaian |
Kurang ( 20-39) |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat Baik 80-100 |
1 |
Penguasaaan Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
13.
Penilaian Hasil Belajar
14.
A. Teknik penilaian: Pengamatan, tes tertulis, Penugasan
Metode |
Bentuk instrument |
Sikap |
Lembar pengamatan sikap |
Pengetahuan |
Tes tertulis |
Keterampilan |
Lembar pengamatan diskusi kelompok, membuat
proyek |
B. Bentuk Instrumen dan instrumen
Penilaian Sikap
No |
Aspek yang Dinilai |
Teknik Penilaian |
Waktu Penilaian |
Instrumen Penilaian |
1 |
a. Spiritual b. Jujur c. Disiplin d. Tanggung
jawab e. Kreatif f. Teliti g. Cermat h. Santun |
Pengamatan |
Proses pembelajaran |
Lembar pengamatan/penilaian |
15.
No Nama Siswa Spiritual Jujur Disiplin Tanggung
Jawab Kreatif Teliti Cermat Santun 1 2 3 4 5
Lembar penilaian sikap terlampir
C.
Penilaian Pengetahuan : Soal Essay (terlampir)
16.
Referensi Lain
https://www.awonapa.com/2021/07/kumpulan-materi-dasar-tjkt.html
17.
Pengayaan dan Remedial
Ø Remedial
1.
Modifikasi tugas sesuai penguasaan
kompetensi siswa
2.
Tutor sebaya
3.
Melakukan projek sesuai penguasaan kompetensi siswa
Ø Pengayaan
1.
Tutor sebaya
2.
Melakukan Projek
3.
Mengembangkan latihan
4.
Memberikan permainan, masalah, atau kompetensi antarsiswa
Kegiatan Belajar
1 : Pengertian
dan Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi
1.
Memahami Proses Bisnis
Jika melihat makna dari kata proses adalah suatu
tahap atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan / hasil.
Jika dilihat makna dari bisnis adalah sebuah
kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok atau organisasi yang melakukan kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
“Oleh karena itu, Proses Bisnis merupakan sebuah tahap
atau langkah-langkah yang dilakukan secara terstruktur
dan saling terhubung, dengan tujuan untuk menghasilkan produk atau jasa dan
juga untuk mendapatkan keuntungan atau laba”.
Contoh jika Proses Bisnis pada
Teknik Komputer dan Telekomunikasi yaitu seperti proses untuk menentukan produk atau jasa, seperti produk aplikasi ataupun
website. Jika jasa maka seperti instalasi komputer, instalasi internet, dan lainya.
2.
Contoh Proses Bisnis
Berikut ini merupakan
contoh dari Proses Bisnis:
·
Manufaktur :
o
Tujuan : Mengubah barang mentah menjadi barang jadi.
o
Peserta : Staff Pabrik, staff penjualan.
o
Input : Pemesanan, Pemberitahuan Pembuatan, Bahan Baku.
o
Output : Barang Jadi.
3.
Jenis Proses Bisnis
Jenis-jenis proses bisnis berikut ini yaitu :
A.
Proses Operasional
Proses Operasional atau merupakan proses Primer, yaitu proses yang memiliki bisnis inti yang memiliki 3 tahapan proses sebagai
berikut :
· Pembuatan
Produk
· Pemasaran
Produk
· Layanan pelanggan yang ditawarkan
Apabila perusahaan telah melakukan proses bisnis diatas maka perusahaan tersebut melakukan proses yang termasuk
dalam proses operasional.
Tahapan ini seperti anda membeli sebuah barang,
lalu anda jual kembali dengan melakukan pengemasan, lalu mengirimkan
kepada pembeli.
B.
Proses Dukungan
Proses
dukungan atau proses sekunder merupakan inti dalam menjalankan sebuah bisnis, pada proses ini akan mendukung operasional pada sehari-hari dalam sebuah instansi
perusahaan ataupun organisasi yang melakukan
proses bisnis.
Secara singkat proses dukungan
bisa dikatakan sebagai proses yang memastikan bisnis akan terus berjalan. Jadi setiap proses kerja yang dilakukan adalah untuk melayani seluruh
internal pada sebuah organisasi / perusahaan.
C.
Proses Manajemen
Pada Proses Manajemen ini akan
melibatkan tahapan perancanaan, pemantauan, dan pengawasan. Proses manajemen ini akan mengatur aktivitas,
tata kelola pada perusahaan atau instansi serta manajemen strategis. Proses manajemen ini akan merencanakan tujuan dan standar yang mengarah
pada proses primer dan pendukung
yang efisien serta
efektif.
4.
Karakteristik Proses Bisnis
Dalam proses
bisnis memiliki ciri khusus atau karakteristik
yang sesuai dengan lingkungan dari Proses bisnis
tersebut, berikut ini beberapa
Karakteristik Proses Bisnis Secara Umum :
·
Definitif : sudah pasti, bukan sementara,
memiliki batasan, masukan dan keluaran yang jelas.
·
Urutan : Sekian kegiatan
atau aktivitas yang dilakukan secara beruntun sesuai dengan waktu.
·
Pelanggan : mempunyai penerimaan hasil proses.
·
Nilai Tambah : Proses bisnis harus memiliki dan memberikan nilai tambah pada penerima.
·
Keterkaitan : Harus terkait dalam struktur
organisasi atau tidak boleh berdiri sendiri.
·
Fungsi Silang : Fungsi ini mencakup beberapa fungsi lainya.
5.
Manfaat Proses Bisnis
Berikut ini merupakan
manfaat dari Proses Bisnis yang dilakukan :
·
Menjadi solusi supaya bisa membantu perusahaan untuk
melihat gambaran bisnis yang
dilakukan secara realtime
atau komputasi waktu yang nyata.
·
Manfaat Proses
bisnis menyediakan laporan
yang memberitahu kondisi perusahaan sebenarnya
pada saat ini.
·
Memberikan
nilai kompetitif bagi persaingan
bisnis yang semakin kompleks
didalam perkembangan pasar yang bergerak dengan
cepat.
·
Mempercepat
proses evaluasi informasi untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara
cepat dan tepat.
·
Percepat respon perusahaan terhadap
tantangan bisnis yang muncul secara tidak terduga.
·
Memberikan pengaruh
seperti meningkatkan daya deteksi perusahaan terhadap peluang-peluang bisnis baru dan pergerakan yang dilakukan oleh kompetitor.
·
Lebih Mengutamakan deteksi masalah secara
dini sehingga menghindarkan dari sifat reaktif
dari umumnya perusahaan yang menyebabkan mereka menjadi kontraproduktif.
6.
Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Komputer
dan Telekomunikasi
Sekilas mengenai contoh Proses Bisnis sudah ada dipembahasan diatas tadi, berikut
ini kita akan mencoba untuk membahas Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi.
Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Web Development)
·
Pertama, perusahaan atau instansi tersebut
melakukan riset pasar, supaya
mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan
pasar saat ini.
·
Setelah mendapatkan riset yang nyata, berikutnya perusahaan mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi
keinginan pasar.
·
Setelah memiliki bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya
memulai untuk mengembangkan sebuah website penjualan.
·
Tak lupa melakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
·
Jika terdapat
masukan, maka melakukan
modifikasi atau revisi pada website
penjualan tersebut.
·
Memulai Meluncurkan Website Penjualan.
Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Design Grafis)
·
Kita harus mengetahui design apa yang di inginkan
oleh market / masyarakat / klien.
·
Bertemu dengan klien untuk membahas mengenai
design yang akan dibuat.
·
Berikutnya kita melakukan atau mengumpulkan bahan - bahan
yang digunakan untuk mendukung
design yang dibuat.
·
Setelah itu jika memungkinkan setiap design yang dibuat dapat memberikan makna masing-masing.
·
Memungkinkan untuk meminta DP sekian %.
·
Melakukan meeting
dengan klien mengenai
hasil yang sudah dikerjakan.
·
Menjual Design dan mendapatkan Laba.
Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Aplikasi Mobile)
·
Pertama, perusahaan atau instansi tersebut
melakukan riset pasar, supaya
mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan
pasar saat ini.
·
Setelah mendapatkan riset yang nyata, berikutnya perusahaan
mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi
keinginan pasar.
·
Setelah memiliki
bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya memulai untuk mengembangkan aplikasi
mobile sesuai market yang sudah ditentukan.
·
Tak lupa melakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
·
Jika terdapat
masukan, maka melakukan
modifikasi atau revisi pada website
penjualan tersebut.
·
Memulai Meluncurkan Aplikasi Mobile.
·
Pada Market Playstore atau App Store.
Contoh Proses Bisnis Pada Perusahaan yang Mengembangkan sebuah Website Penjualan
·
Pertama, perusahaan atau instansi tersebut
melakukan riset pasar, supaya
mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan
pasar saat ini.
·
Setelah mendapatkan riset yang nyata, berikutnya perusahaan
mulai mencari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi
keinginan pasar.
·
Setelah memiliki bahan atau tools yang memumpuni, berikutnya
memulai untuk mengembangkan sebuah website penjualan.
·
Tak lupa melakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
·
Jika terdapat
masukan, maka melakukan
modifikasi atau revisi pada website
penjualan tersebut.
·
Memulai Meluncurkan Website Penjualan.
Kegiatan Belajar
2 : Perencanaan Bisnis dan Analisa Kebutuhan
Pelanggan Pada Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi
A. Perencanaan
Bisnis
1. Mengenal Bisnis
Bisnis merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh perorangan atau kelompok atau organisasi yang melakukan kegiatan menjual barang atau jasa untuk
mendapatkan keuntungan atau laba.
Bisnis Menurut Hughes dan Kapoor
Bisnis adalah suatu kegiatan
individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi
kebutuhan masyarakat.
Bisnis juga memiliki Tujuan Bisnis, Fungsi Bisnis, Jenis Bisnis, dan Manfaat Bisnis.
Tujuan Bisnis diantara lain yaitu, untuk memperoleh laba atau
keuntungan, mencapai kesejahteraan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan lainya.
Fungsi Bisnis dibagi menjadi beberapa bagian antara lain yaitu,
Form Utility, Place Utility, Possessive Utility, dan Time Utility.
Manfaat Bisnis diantara lain yaitu, mendapatkan penghargaan, menjadi bos, kerja sesuai keinginan,
bebas.
2.
Mengenal Proses Bisnis
Proses Bisnis merupakan sebuah tahap atau langkah-langkah yang
dilakukan secara terstruktur dan saling terhubung,
dengan tujuan untuk menghasilkan produk atau
jasa dan juga untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Proses Bisnis pada Teknik
Komputer dan Telekomunikasi yaitu seperti proses untuk menentukan produk atau
jasa, seperti produk aplikasi ataupun website. Jika jasa maka seperti instalasi
komputer, instalasi internet,
dan lainya.
3.
Mengenal Perencanaan Bisnis
Perencanaan Bisnis merupakan
sebuah dokumen atau pernyataan tertulis yang berisi gambaran bisnis, strategi bisnis, produk atau layanan di masa
mendatang, dengan tujuan untuk mencapai Visi dan Misi dari Bisnis tersebut. Rencana Bisnis biasanya sudah disiapkan,
dan merupakan langkah pertama bagi Perusahaan Startup, namun biasanya
ini bersifat jangka pendek.
Rencana bisnis juga berisi
mengenai rencana dan detail anggaran yang menentukan bagaimana bisnis tersebut dapat terwujud sesuai
tujuan, visi dan misi yang di tetapkan.
Perencanaan bisnis memberikan
pengaruh yang sangat penting, karena dengan merencakan bisnis dapat membantu pengusaha menganalisa bisnis yang akan dikembangkan, seperti
menganalisa konsep bisnis, market bisnis, dan hal hal lain yang memiliki
kemungkinan pada bisnis.
4. Manfaat dan Tujuan Perencanaan Bisnis
Manfaat Perencanaan Bisnis Antara Lain yaitu :
·
Dapat menyiapkan konsep bisnis, yang terdiri dari struktur, produk, layanan bisnis tersebut, sehingga
dengan merencanakan bisnis dapat membuat bisnis kita semakin
baik.
·
Dapat menganalisa Pasar, maksudnya ialah menganalisa apa yang dibutuhkan masyarakat atau pelanggan
pada saat ini.
·
Dengan perencanaan bisnis kita dapat menyiapkan modal, atau mendapatkan investasi sesuai dengan kebutuhan
keuangan dari bisnis
tersebut.
Tujuan Perencanaan Bisnis Antara Lain yaitu :
·
Menetapkan Fokus pada Bisnis.
·
Dapat memanfaatkan peluang potensial dan meminimalkan resiko.
·
Mendapatkan Pendanaan
Modal.
5.
Komponen Perencanaan Bisnis
Komponen Perencanaan Bisnis
merupakan bagian dari keseluruhan yang membentuk sistem atau kesatuan di dalam perencanaan bisnis yang disiapkan.
Berikut ini Komponen
yang termasuk dalam Perencanaan Bisnis.
·
Ringkasan bisnis plan
·
Deskripsi bisnis
·
Deskripsi produk atau layanan
·
Pernyataan misi
·
Kepemimpinan
·
Analisis Pasar
·
Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, kekuatan)
·
Rencana pemasaran
·
Proyeksi keuangan
·
Analisis arus kas
·
Staffing
·
Operasi
B.
Analisa Kebutuhan Pelanggan Teknik Komputer
dan Telekomunikasi
1.
Mengenal Pelanggan
/ Konsumen
Pelanggan merupakan seorang individu atau sekelompok orang
yang menjadi pembeli sebuah produk yang telah
dibuat dan dipasarkan / dijual oleh perusahaan, dan biasanya pelanggan tidak
hanya membeli satu kali, namun berkali-kali.
Sedangkan Konsumen ialah setiap
orang yang memakai barang atau jasa yang ada pada masyarakat ataupun lingkungan sekitar, baik untuk kepentingan pribadi,
sanak keluarga, ataupun
orang lain.
Selain itu terdapat
sebutan Distributor dan Produsen. Rasanya
ada yang kurang jika tidak kita mengenal
istilah
- istilah tersebut.
Distributor merupakan Konsumen yang membeli produk yang
bertujuan untuk dijual kembali. hal ini juga
biasanya disebut
dengan pengecer.
Selain itu terdapat Produsen, Produsen
dalam kehidupan ekonomi bisnis, merupakan sekelompok orang atau individu yang melakukan kegiatan produksi
termasuk barang ataupun jasa. Dan nantinya akan di support oleh Distributor.
2.
Mengenal Analisa Kebutuhan Pelanggan
Analisa merupakan kegiatan untuk
mengamati sesuatu untuk mendapatkan sebuah hasil yang penting
atau dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan.
Lalu bagaimana
dengan analisa bisnis, atau analisa
kebutuhan pelanggan?
Analisa Kebutuhan Pelanggan
merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, Analisa kebutuhan pelanggan digunakan untuk mengetahui kebutuhan atau prilaku konsumen atau pelanggan
yaitu tepat pada hal yang dibutuhkannya.
Konsumen merupakan pendukung penting dalam bisnis, oleh karena itu kita harus
dapat menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, supaya bisnis kita dapat
berjalan dengan baik dan dapat bersaing
dengan pebisnis lainnya.
Analisa Kebutuhan Pelanggan
diharapkan dapat mengetahui kebutuhan konsumen atau pelanggan, dan kita sebagai pebisnis dapat mengambil langkah yang tepat dalam memenuhi
kebutuhan konsumen, seperti memproduksi
sesuatu yang saat ini dibutuhkan oleh konsumen ataupun
market.
3.
Pentingnya melakukan
Analisa Kebutuhan Pelanggan
Berikut ini alasan kenapa
Melakukan Analisa Kebutuhan pelanggan itu penting supaya dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan agar bisnis kita dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing.
·
Dengan
melakukan analisa kebutuhan pelanggan, pelaku bisnis dapat menentukan ataupun
menciptakan produk maupun jasa yang sesuai. Jika produk atau
jasa yang kita siapkan sudah sesuai dengan kebutuhan
konsumen, maka konsumen pun
memberikan minat yang besar kepada kita.
·
Ketika
kita sudah mengetahui kebutuhan dari konsumen, maka kita akan mendapatkan
sebuah motivasi, untuk memproduksi
barang ataupun jasa. Dengan harapan ketika kebutuhan konsumen yang sudah kita siapkan dapat menarik
minat konsumen.
·
Selain
itu ketika kita sudah mengetahui kebutuhan dari pelanggan, kita dapat fokus
untuk meningkatkan kualitas barang
atau jasa yang kita siapkan untuk pelanggan ataupun konsumen, dengan kualitas
yang baik, maka konsumen akan lebih percaya
kepada kita.
·
Beberapa
poin diatas merupakan hal penting yang didapatkan dari Analisa Kebutuhan
Pelanggan, selain itu satu
hal lagi yang sangat penting yaitu, Perilaku bisnis dapat menyusun strategi untuk
market atau
pasar yang digunakan untuk berbisnis. Dengan
seperti itu kita dapat menyiapkan segala hal
yang dibutuhkan oleh masyarakat.
4.
Manfaat Analisa Kebutuhan Pelanggan
Berikut ini merupakan
manfaat yang akan perilaku bisnis dapatkan ketika melakukan Analisa
Kebutuhan Pelanggan.
·
Pebisnis dapat menciptakan Produk yang sesuai atau jasa, yang pastinya
berkualitas. Karena sudah
mengetahui kebutuhan pelanggan ataupun konsumen yang sudah di analisanya.
·
Pebisnis mendapatkan semangat untuk berbisnis
dan menjadi pebisnis yang berkualitas.
·
Pebisnis dapat mengembangkan bisnis
yang dijalani nya, apabila masyarakat
banyak yang membeli atau menggunakan jasa yang disediakan
oleh pebisnis.
·
Pebisnis dapat menentukan target market yang akan dituju.
·
Pebisnis dapat meningkatkan kualitas
dan mengoptimalkan Produk atau Jasa yang disiapkannya.
Kegiatan Belajar 3
: Strategi Implementasi Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi
1.
Mengenal Strategi
Implementasi Bisnis
Dalam berbisnis, pasti kita
harus selalu sigap dalam menghadapi segala hal yang akan datang yang akan menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis. Salah satunya menggunakan cara Strategi Implementasi Bisnis. Strategi
Implementasi Bisnis merupakan
penerapan strategi termasuk dalam tahapan manajemen strategi dalam berbisnis, hal ini melibatkan penggunaan
kemampuan manajerial, administratif
dan persuasif dalam segala tindakan yang akan dilakukan.
Beberapa tujuan diantara lain
dari Strategi Implementasi
Bisnis yaitu mendapatkan
umpan balik, laporan kemajuan dari strategi atau rencana yang sudah dilakukan
sesuai dengan target.
Implementasi Strategi merupakan sebuah rencana strategis dalam beberapa
tindakan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Rencana strategi bisnis,
biasanya berisi langkah-langkah dan proses secara rinci yang diperlukan untuk mencapai tujuan pada perusahaan atau instansi. Selain mempersiapkan
Strategi Implementasi Bisnis, pelaku bisnis juga perlu mempersiapkan Perencanaan Bisnis dan Analisa Bisnis.
2.
Rancangan Strategi
Implementasi Bisnis
Selain itu
dalam Strategi Implementasi Bisnis terdapat rancangan dalam melakukan Strategi Implementasi Bisnis. Perusahaan harus mencakup
beberapa Rancangan dalam Strategi Implementasi Bisnis sebagai berikut.
A.
Cara Mengembangkan Bisnis
Dalam
melakukan strategi bisnis, kita
harus mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan atau menumbuhkan
bisnis yang sedang kita lakukan. Kita juga harus berorientasi untuk
mengembangkan bisnis di masa mendatang.
Pastinya kita sudah mempersiapakan
Visi, Misi dalam perusahaan, Dan kita harus mengimplementasikan bisnis sesuai dengan Visi dan Misi yang sudah dirancang
sebelumnya.
B.
Cara Memenuhi
Kebutuhan Pelanggan
Pelanggan merupakan inti dalam
berbisnis, dan merupakan prioritas terbesar dalam perumusan rencana strategi dalam berbisnis.
Untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan, kita harus melakukan analisa kebutuhan pelanggan terlebih dahulu, kemudian jika kita sudah mengetahui apa yang
dibutuhkan oleh pelanggan atau konsumen, kita
dapat lebih maksimal dalam mempersiapkan atau membuat pelanggan loyal
kepada barang atau jasa yang perusahaan kita berikan.
C. Mengetahui
Cara untuk Bersaing dengan Bisnis lainnya
Persaingan dalam dunia bisnis
pasti akan selalu ada, oleh karena itu kita pun harus mengetahui dan mengantisipasi persaingan di masa mendatang. Cara yang tepat
yaitu dengan melakukan strategi
implementasi bisnis yang tepat
pula, sehingga perusahaan memiliki kemampuan untuk menghadapi persaingan pasar dengan
baik dan tepat.
D. Siap dengan Perubahan
pada Pasar
Segala hal
dapat terjadi di dalam kehidupan, begitu pula dengan bisnis. Perkembangan teknologi yang terus menjadi
lebih canggih, bisnis yang kita lakukan pula harus siap dengan perubahan yang
akan terjadi pada pasar.
Seperti Kondisi pasar atau tren
baru akibat beberapa faktor yang mungkin dapat mempengaruhi performa perusahaan. Oleh karena itu pula dengan
strategi yang sudah dirumuskan tadi bisa membantu perusahaan dalam menghadapi perubahan pada pasar. Sehingga tetap bisa bekerja dengan
optimal dan bertahap dengan kondisi apapun.
3.
Langkah-langkah Strategi
Implementasi Bisnis
Dalam melakukan Strategi
Implementasi Bisnis terdapat langkah-langkah dalam Strategi Implementasi
Bisnis, beberapa langkah-langkah tersebut mencankup beberapa
hal berikut ini :
·
Perusahaan
harus mempersiapkan dan membuat rumusan strategi implementasi bisnis yang
berorientasi pada pengembangan bisnis
yang akan terjadi di masa mendatang. Rumusan strategi harus sinkron atau selaras
dengan visi yang sudah dirancang pada saat membangun
perusahaan.
·
Perusahaan
harus mengutamakan kepuasan pelanggan, karena pelanggan merupakan prioritas
dalam berbisnis.
·
Perusahaan
harus siap dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa mendatang,
termasuk menghadapi perubahan
pada pasar, maupun tantangan dari kompetitor bisnis yang lainya.
·
Perusahaan
harus baik dan tepat dalam mengelola setiap bagian fungsional guna
mengembangkan kapabilitas bisnisnya.
4.
Masalah yang terjadi dalam Strategi Implementasi Bisnis
Dalam melakukan kegiatan bisnis,
maupun implementasi dari Strategi Bisnis pasti terdapat kemungkinan akan terjadi masalah, biasanya permasalahan tersebut terjadi karena Proses Implementasi
Strategi Bisnis yang tidak dirancang dan didefinisikan dengan
baik. Hal itu dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian sehingga
dapat menjadi sumber masalah dan tidak mencapai visi yang sudah dirancang.
Oleh karena itu semua yang
berperan dalam perusahaan atau bisnis harus mempersiapkan Strategi Implementasi Bisnis yang baik, selain itu
juga karyawan harus dilatih dengan baik sehingga proses bisnis dalam perusahaan dapat
berjalan dengan sukses.
5.
Analisa Bisnis dengan SWOT
Analisa SWOT merupakan sebuah
cara yang sederhana namun sangat membantu dalam melakukan Strategi Implementasi Bisnis. Dan juga untuk mengembangkan bisnis supaya dapat menjadi lebih baik lagi.
SWOT ialah singkatan dari
Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan
Threats (ancaman).
Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah
berasal dari faktor internal perusahaan, termasuk siapa yang ada di dalam tim, dan manajemen dalam perusahaan.
Sedangkan untuk Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman)
adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis pada perusahaan, seperti
hal-hal yang terjadi diluar perushaan, termasuk pasar. Yaitu bagaimana
perusahaan dapat memanfaatkan peluang dan menjaga
perushaan dari ancaman.
Seperti contoh berikut
ini adalah analisa SWOT pada Gojek.
·
Strength (Kekuatan)
o
Model bisnisnya
sangat efisien
o
Jumlah pengemudi
banyak
o
Mudah diduplikasi di area lain
o
Buka banyak pekerjaan
·
Wekaness (Kelemahan)
o
Perusahaan memiliki
ketergantungan yang sangat tinggi pada pengemudi
o
Proses bisnis tidak dapat berjalan tanpa akses internet yang memadai
·
Opportunities (Peluang)
o
Dapat merambah
ke sektor usaha lain
o
Mudah untuk menggaet pihak-pihak strategis
o
Akses pasar bagi kaum milenial terbuka lebar
·
Threats (Ancaman)
o
Peraturan hukum belum matang dan dapat berubah nanti
o
Ada seluruh
masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan
Kegiatan Belajar 4 : Prosedur Kepuasan Pelanggan
dan Budaya Mutu Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
1.
Mengenal Prosedur
Kepuasan Pelanggan
Prosedur merupakan tindakan atau aksi spesifik yang harus
dijalankan atau di terapkan secara teratur agar mendapatkan
hasil yang sesuai. Sedangkan Kepuasan merupakan rasa senang, dan rasa bahagia yang biasanya di dapatkan karena mendapatkan sesuatu yang di inginkan,
Menurut hansemark dan
albinsson (2004), “kepuasan adalah keseluruhan sikap pelanggan terhadap penyedia
layanan, atau reaksi emosional terhadap perbedaan antara apa yang pelanggan antisipasi dan apa yang mereka terima, mengenai pemenuhan
beberapa kebutuhan, tujuan atau keinginan”.
“Prosedur Kepuasan Pelanggan merupakan suatu tindakan
atau serangkaian aksi yang dilakukan untuk memenuhi
atau memberikan layanan barang atau jasa yang baik untuk pelanggan”.
Sebelum
melakukan prosedur kepuasan
pelanggan, teman-teman sepertinya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai, Analisa Kebutuhan Pelanggan, ya analisa kebutuhan
pelanggan juga sangat penting dalam membantu untuk memenuhi
Kepuasan Pelanggan.
2.
Indikator Kepuasan
Pelanggan
Setelah mengetahui basic tentang
Prosedur Kepuasan Pelanggan, berikut ini yaitu Indikator dalam Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis
yang dijalankan.
A.
Produk yang Berkualitas
Dalam bisnis, terlebih
memberikan barang atau produk, untuk memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan perusahaan harus memberikan produk yang
berkualitas. Karena dengan produk yang berkualitas, dapat memberikan kepuasan kepada
pelanggan.
B.
Pelayanan yang Berkualitas
Berikutnya setelah Produk yang
berkualitas, terdapat Pelayanan yang berkualitas. Jika produk yang diberikan perusahaan sudah memiliki
kualitas yang baik. Maka jika kita menambah Pelayanan yang Berkualitas dapat dipastikan bahwa
pelanggan mendapat kepuasan dari produk atau layanan yang diberikan perusahaan.
C. Harga Produk / Jasa
Biasanya
pelanggan begitu menginginkan harga yang cenderung murah, kita dapat memberikan harga yang
terjangkau kepada pelanggan, dan juga dapat memberikan harga yang lebih tinggi
asalkan Pelayanan dan Produk yang kita berikan memiliki
kualitas yang baik.
D.
Kemudahan Dalam Mengakses Produk / Jasa
Kemudahan Dalam Mengakses
Produk/Jasa maksudnya bagaimana? Jika kita memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mengkases atau
menjangkau produk / Jasa yang kita berikan, maka kepuasan pelanggan bisa di dapatkan.
Seperti dalam membeli barang
secara online, gratis ongkir dan pengiriman cepat. atau jika kita memberikan jasa maka mendapatkan diskon ataupun bonus jasa
dan lain sebagainya.
E.
Cara Iklan / Promosi
Produk
Berikutnya yaitu adalah
indikator cara melakukan iklan atau promosi pada produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan. Jika anda melakukan iklan pada media sosial
ataupun pada jasa iklan lainya, pastikan anda memberikan iklan yang jujur mengenai barang atau jasa yang anda berikan.
Guna Menghindari kekecewaan dari
pelanggan, selain itu jika anda jujur dan barang / jasa berkualitas, maka dapat membantu
memenuhi kepuasan pelanggan.
3.
Cara Mengetahui
Kepuasan Pelanggan
Setelah melakukan penjualan
barang atau jasa kepada pelanggan, kita pun penasaran bagaimana respon dari pelanggan yang telah membeli produk atau
jasa yang perusahaan sediakan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk Mengetahui Kepuasan
Pelanggan.
·
Perusahaan dapat menghubungi kembali pelanggan
setelah selesai melakukan
proses pembelian barang atau jasa, seperti bertanya mengenai
kualitas produk atau sebagainya.
·
Perusahaan
dapat mendengar Kritik, Saran, serta keluhan dari pelanggan sangat penting dalam mendukung untuk Mengetahui Kepuasan
Pelanggan, karena dari kritik, saran dan keluhan dari pelanggan dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan.
·
Perusahaan
dapat menyediakan survey untuk
pelanggan yang sudah membeli Produk atau Barang dan Jasa, sehingga dengan pelanggan melakukan pengisian pada survei
kita dapat memberikan keputusan yang baik demi produk atau jasa pada perusahaan.
Asesmen Diagnostik Non Kognitif
Asesmen non kognitif
ditujukan untuk mengukur
aspek psikologis dan kondisi emosional
peserta didik. Asesmen
non kognitif lebih mengutamakan pada kesejahteraan psikologi
dan sosial emosi peserta didik.
Asesmen diagnosis non
kognitif di
awal
pembelajaran diberikan pada siswa untuk mengetahui:
·
Kesejahteraan psikologi dan emosional
siswa.
·
Kondisi keluarga siswa.
·
Pergaulan dan pertemanan siswa.
·
Gaya
belajar siswa.
Daftar pertanyaan kunci Asesmen Diagnostik Non Kognitif :
1. Bagaimana perasaanmu saat ini? Pilih salah satu emoticon dibawah
ini!
2. Apa yg kamu lakukan
pada saat sedang
marah/senang/sedih?
3.
Apa saja hal yg menyenangkan/tidak menyenangkan yg kamu lakukan
selama berada di rumah?
4. Apa yg membuatmu
merasa cemas/khawatir?
5. Apa yg membuatmu merasa marah/senang/sedih?
6. Siapa yg dapat membuatmu
bahagia/sedih?
7. Bagaimana keadaan
hidupmu saat ini? Pilih salah satu emoticon
dibawah ini!
8.
Apa saja kejadian yg paling menyakitkan/membahagiakan yg terjadi dalam
hidupmu?
9. Apa yg kamu lakukan
saat menghadapi masalah?
10.
Siapa
saja yg kamu ajak
bicara saat menghadapi masalah?
11.
Bagaimana hubunganmu dengan orangtua?
12.
Bagaimana hubunganmu dengan kakak/adik?
13.
Siapa
saja yg tinggal bersamamu
dirumah?
14.
Apakah keluargamu sering melakukan kegiatan
bersama-sama, seperti makan dan menonton
tv?
15.
Apa
saja yg orangtuamu diskusikan saat berada
dirumah?
16.
Seberapa sering kamu bercerita/curhat kepada orangtua/kakak/adik?
17.
Bagaimana peranmu didalam keluarga?
18.
Bagaimana keadaan ekonomi keluargamu saat ini? Mapan/sulit?
19.
Bagaimana keluargamu menghabiskan waktu libur bersama?
20.
Seberapa sering orangtuamu bertengkar jika ada masalah?
21.
Kegiatan apa yg sering kamu lakukan bersama
teman dan sahabatmu?
22.
Berapa banyak teman dan sahabatmu dan seberapa besar pengaruh serta peran mereka dalam hidupmu?
23.
Seberapa sering kamu berdiskusi/curhat kepada teman dan sahabatmu?
24.
Bagaimana hubunganmu dengan teman dan sahabatmu saat ini?
25.
Apa hal yg tidak kamu sukai sangat menjalin
komunikasi bersama teman dan sahabatmu?
Angket Gaya Belajar
Nama Siswa :
Kelas :
Apa mata pelajaran
favoritmu? Apa hobimu di luar sekolah?
Petunjuk pengisian :
Berilah tanda ceklis pada salah satu jawaban yg
menurut anda paling sesuai dengan
keadaan anda untuk setiap pernyataan yg diberikan!
No. |
Pernyataan |
SS |
S |
TS |
STS |
1. |
Apabila materi
pelajaran diberikan dalam bentuk gambar,
saya mudah untuk mengingatnya |
|
|
|
|
2. |
Jika ada buku pelajaran yg ada gambarnya, saya lebih senang
memperhatikan gambarnya dibandingkan tulisannya |
|
|
|
|
3. |
Saya lebih suka membaca
buku teks daripada
mendengar penjelasan dari guru atau
teman |
|
|
|
|
4. |
Saya lebih mudah mengingat materi dengan mencatat apa yg sudah disampaikan guru |
|
|
|
|
5. |
Saya merasa
frustasi ketika saya tidak dapat mencatat apa yg dijelaskan oleh guru |
|
|
|
|
6. |
Saya mudah terganggu oleh keributan ketika saya sedang
belajar |
|
|
|
|
7. |
Saya dapat
memahami pelajaran walaupun tanpa membaca buku asalkan saya mendengarkan penjelasan guru dengan baik |
|
|
|
|
8. |
Saya senang memberikan penjelasan kepada orang lain |
|
|
|
|
9. |
Saya selalu
berpartisipasi ketika ada diskusi kelompok dalam pembelajaran |
|
|
|
|
10. |
Saya lebih senang melaporkan tugas yg diberikan guru secara lisan daripada tertulis |
|
|
|
|
11. |
Saya lebih senang mencoba-coba mengerjakan soal yg belum pernah saya kerjakan sebelumnya |
|
|
|
|
12. |
Saya
lebih senang cara belajar dengan melakukan sesuatu secara langsung atau mempraktekkannya sendiri |
|
|
|
|
13. |
Saya merasa lebih mudah menghafal materi
belajar ketika saya menghafal sambil
berjalan |
|
|
|
|
14. |
Saya lebih senang ketika
guru meminta saya untuk melakukan demonstrasi bersama di depan kelas |
|
|
|
|
15. |
Saya suka menggunakan jari saya untuk menunjuk kata atau kalimat ketika membaca
buku |
|
|
|
|
SS:
Sangat setuju S : setuju
TS : Tidak Setuju
STS: sangat tidak setuju
Asesmen Diagnostik Kognitif
Essay
Elemen : 1 Proses bisnis di bidang teknik jaringan
komputer dan telekomunikasi
Materi : 1 Pengertian Proses Bisnis Pada Teknik Komputer
dan Telekomunikasi
1. Menurut pendapatmu, apa yang dimaksud
dengan Proses Bisnis
2. Sebutkan jenis-jenis proses bisnis !
3. Sebutkan tahapan dari Proses Manajemen
!
4.
Sebutkan Karakteristik Proses Bisnis dalam proses bisnis memiliki ciri khusus atau karakteristik yang sesuai dengan lingkungan dari Proses bisnis tersebut !
5. Buatkan Contoh Proses Bisnis Bidang TI (Web Development) !
Materi : 2 Perencanaan Bisnis dan Analisa Kebutuhan Pelanggan
Pada Teknik Jaringan
Komputer dan Telekomunikasi
1. Menurut pendapatmu, apa yang dimaksud
dengan bisnis ?
2. Jelaskan tujuan dan mafaat dari bisnis !
3. Menurut pendapatmu, apa yang dimaksud
dengan perencanaan bisnis ?
4. Jelaskan tujuan dan mafaat dari perencanaan bisnis !
5. Sebutkan komponen-komponen dari Perencanaan Bisnis !
Materi : 3 Strategi Implementasi Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi
1.
Menurut pendapatmu, apa yang dimaksud
dengan Strategi Implementasi Bisnis ?
2.
Jelaskan bagaimana
cara mengembangkan Bisnis !
3.
Jelaskan bagaimana
cara memenuhi kebutuhan
Pelanggan !
4.
Jelaskan langkah-langkah membuat Strategi Implementasi Bisnis !
5.
Sebutkan beberapa
masalah yang terjadi dalam Strategi
Implementasi Bisnis !
Materi : 4 Prosedur Kepuasan Pelanggan dan Budaya
Mutu Pada Teknik Jaringan
Komputer dan Telekomunikasi
1.
Menurut pendapatmu, apa yang dimaksud
dengan Prosedur Kepuasan
Pelanggan
2.
Setelah mengetahui basic tentang Prosedur
Kepuasan Pelanggan, Indikator
apa saja yang menunjang dalam Kepuasan Pelanggan
untuk Bisnis yang dijalankan
3.
Cara Mengetahui
Kepuasan Pelanggan
4.
Untuk apakah perusahaan mendengar
Kritik, Saran, serta keluhan dari pelanggan ?
5.
Untuk apakah perusahaan melakukan
survey terhadap pelanggan
?
Komentar
Posting Komentar